Uji Kompetensi Guru Murni untuk Pemetaan
http://www.kemdikbud.go.id 07/28/2012
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan, uji kompetensi guru digunakan sebagai pemetaan untuk peningkatan kemampuan dan perbaikan kualitas pendidikan. Tidak ada hubungannya dengan tunjangan profesi yang telah diterima para guru.
“Dengan pemetaan ini bisa terlihat kelemahannya selama ini. Bagaimana bisa meningkatkan kualitas, kalau petanya saja tidak tahu,” kata Menteri Nuh usai memberi kuliah utama kepada mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung, Sabtu (28/07), di Bandung.
Mendikbud mencontohkan, jika ada 1000 guru Matematika di Jawa Barat, tidak akan diketahui kelemahan mereka dalam penguasaan materi pelajaran, jika tidak diuji. “Kalau kelemahannya sudah diketahui, mereka bisa meningkatkan kualitasnya dengan belajar sendiri atau ikut kursus dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah,” katanya.
Uji kompetensi guru merupakan salah satu upaya peningkatan kompetensi dan kualitas pendidikan. Dan meningkatkan kualitas pendidikan merupakan amanat undang-undang. Untuk itu, Mendikbud meminta agar semua pihak tidak memperumit proses ujian ini. “UKG ini dasarnya ada di peraturan menteri. Hal-hal yang sudah gamblang, tidak perlu diperdebatkan lagi!,” tegasnya.
Jika nanti guru-guru ini ada yang gagal memenuhi standar kompetensi, Kemdikbud menggandeng LPMP dan pelatihan guru sejenis untuk memberikan pembinaan. Bahkan, guru-guru ini bisa terus mengembangkan diri dengan terarah, karena telah mengetahui kelemahannya. “Kalau muridnya siap untuk dites, diuji, masa gurunya tidak mau,” katanya.
UKG akan dimulai hari Senin (30/07). Mendikbud memastikan ujian tersebut akan tetap berjalan. Menurut laporan terakhir yang diterima Menteri Nuh, semua persiapan telah dilakukan dengan baik
Rabu, 17 Oktober 2012
Kamis, 11 Oktober 2012
Anda Mau Dapat Rp 1 M ?
Ini baru berita heboh. Ada yang pro ada yang kontra. Rp. 1 M untuk pensiunan Gol III dan Rp.1,5 M untuk pensiunan Gol IV. Berita lebih lanjut klik disini
Label:
beranda
FREE DOWNLOAD SOAL UAS ELEKTRONIKA
Bagi anda yang membutuhkan soal UAS Elektronika kelas VIII silahkan download disini
Label:
soal kelas VIII
Selasa, 09 Oktober 2012
Sertifikasi Guru Tahun 2013
Bagi anda para guru calon sertifikasi guru tahun 2013 siahkan klik disini
Label:
beranda
Minggu, 30 September 2012
RPP Kels IX SK1.KD1.a
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN 2 Buluspesantren
Mata Pelajaran : Keterampilan Elektronika
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi komponen hardwere pada PC
Kompetensi Dasar : 1.1. Memahami fungsi dan ketrampilan berbagai hardwere dalam PC
Indikator :
- Menjelaskan fungsi Power Supply
- Menjelaskan fungsi CD R/W
- Menjelaskan fungsi Fllopy Disk
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi power supply PC
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi CD R/W
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi fllopy disk
B. Materi Pembelajaran
1. Power supply
2. CD R/W
3. Fllopy disk
C. Metode Pembelajaran
a. Ceramah, Diskusi
b. Pengamatan, kajian pustaka
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
Metode
|
Media
|
Karakter
|
1
|
Pendahuluan :
a. Salam Pembuka dan Do’a
b.Mengabsen kehadiran
c.Memberikan apresiasi terhadap siswa yang tidak masuk/terlambat
d. Apersepsi : Guru bertanya jawab dengan siswa, tentang bagian komputer yang diketahui
e. Motivasi : Perlunya mengetahui fungsi hardwere dalam persiapan perakitan PC
|
5
|
Ceramah
|
Religius,peduli,disiplin,berpikir logis.
| |
2
|
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan fungsi Power Supply, siswa mendengarkan dengan baik
b.. Guru memperlihatkan CD R/W menjelaskan perbedaan antara CD Room dengan CD R/W, siswa mengamati dengan cermat
c. Guru memperlihatkan Fllopy Disk menjelaskan fungsinya, siswa mengamati dengan cermat
|
Ceramah, Diskusi dan pengamatan
|
LCD, lembar kerja, gambar power supply, CD R/W, fllopy disk
|
Tanggungjawab,berpikir logis,rasa ingin tahu.
| |
3
|
Penutup :
a.Kesimpulan:Guru membuat kesimpulan
b.Refleksi:Siswa menanggapi materi
c.Mengakhiri dengan salam dan doa
|
10
|
Tanya Jawab
|
Menghargai pendapat orang lain,disiplin,religius
|
E. Media dan Sumber Belajar
1. Media Pembelajaran :
a. Alat : Laptop, LCD
b. Bahan : Tabel lembar kerja, gambar power supply, CD R/W, Fllopy disk
2. Sumber Belajar
Buku Panduan Cepat Merakit PC
F. Penilaian
a. Soal
1. Jelaskan fungsi Power Supply !
2. Jelaskan fungsi CD R/W !
3. Apa perbedaan CD – ROM dengan CD R/W
4. Jelaskan fungsi Fllopy Disk !
b. Pedoman Penilaian Penugasan / PR
No Soal
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
25
|
25
|
2
|
25
|
25
|
3
|
25
|
25
|
4
|
25
|
25
|
Jumlah
|
100
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Label:
kurikulum
Jumat, 28 September 2012
Pengukuran Transistor
1. Menguji transistor jenis NPN
Sakelar jangkah pada x100 ,
Sakelar jangkah pada x100 ,
- Penyidik hitam pada Basis, Penyidik merah pada Kolektor, jarum harus bergerak ke kanan
- Penyidik hitam tetap pada Basis, Penyidik merah dipindah ke Emitor, jarum harus bergerak ke kanan lagi.
- Penyidik merah dipindah pada Basis dan hitam pada Kolektor, jarum harus tidak bergerak
- Penyidik merah tetap pada Basis Penyidik hitam dipindah ke Emitor jarum juga harus tidak bergerak.
Saklar jangkah pada 1 k,
- Penyidik hitam ditempel pada kolektor dan merah pada emitor, jarum harus sedikit bergerak ke kanan dan bila dibalik jarum harus tidak bergerak.
2. Menguji transistor jenis PNP
Sakelar jangkah pada x100
- Penyidik hitam pada Basis, Penyidik merah pada Kolektor, jarum harus tidak bergerak
- Penyidik hitam tetap pada Basis, Penyidik merah dipindah ke Emitor, jarum harus tidak bergerak
- Penyidik merah dipindah pada Basis dan hitam pada Kolektor, jarum harus bergerak
- Penyidik merah tetap pada Basis Penyidik hitam dipindah ke Emitor harus bergerak.
Saklar jangkah pada 1 k,
- Penyidik hitam ditempel pada kolektor dan merah pada emitor, jarum harus sedikit bergerak ke kanan dan bila dibalik jarum harus tidak bergerak.
Kesimpulan : Apaila salah satu peristiwa/pengujian diatas tidak terjadi,
maka kemungkinan transistor rusak, dan dengan cara pengujian diatas
kita juga bisa menentukan posisi/letak kaki-kaki tranistor (basis,
kolektor dan emitor)
Label:
keg praktik
Langganan:
Postingan (Atom)